jump to navigation

SACCUS PNEUMATICUS Juni 21, 2008

Posted by feylana in Fisiologi Ternak.
trackback

Paru-paru pada burung mempunyai hubungan dengan kantong udara disebut saccus pneumaticus, yaitu kantong yang berisi udara. Saccus pneumaticus terjadi karena perluasan atau dilatasi selaput mukosa broncus (Radiopoetra, 1991). Saccus pneumaticus pada itik, ayam dan merpati memiliki sembilan bagian yang terdiri dari saccus cervicalis, (sepasang), saccus interclavicularis (tunggal), saccus axillaris (sepasang) saccus thoracalis anterior (sepasang), saccus thoracalis posterior (sepasang) dan saccus abdominalis (sepasang) (Duke’s, 1985).

Dua fungsi utama dari sistem respirasi adalah untuk menyediakan O2 untuk darah dan mengambil CO2 dari dalam darah. Fungsi-fungsi yang bersifat sekunder meliputi membantu dalam regulasi keasaman cairan ekstraseluler dalam tubuh, membantu pengendalian suhu, eliminasi air, dan fonasi (pembentukan suara). Sistem respirasi terdiri dari paru dan saluran-saluran yang memungkinkan atau meninggalkan paru. Saluran tersebut mencakup nostril (lubang hidung), rongga hidung, faring, laring, dan trakhea (Frandson, 1992).

Bangsa burung, udara dihirup masuk mencapai paru-paru dan dilanjutkan ke kantong udara menyebabkan udara keluar masuk paru-paru. Gerakan otot pernafasan secara aktif akan menyebabkan terjadinya penghirupan udara dan penghembusan udara (Frandson, 1992).

Fungsi utama dari saccus pneumaticus adalah membungkus alat-alat dalam dengan ruangan udara sehingga dapat terhindar dari kedinginan, membantu pernafasan terutama pada waktu terbang, mencegah hilangnya panas badan yang berlebihan, mempengaruhi berat jenis badan dengan mengembangkempiskan saccus pada burung yang terbang serta membantu memperkeras suara (Nawang, 1989).

Pernafasan pada burung memiliki mekanisme yang dibedakan atas pernafasan pada waktu istirahat dan pernafasan pada waktu terbang. Pernafasan pada waktu istirahat terdiri dari fase inspiratio dan expiratio, pada fase inspiratio, costac bergerak ke arah carnio ventral cavum sehingga thoracalis membesar, pulmo mengembang dan udara masuk ke dalam pulmo. Pernafasan pada waktu terbang dipengaruhi oleh fungsi saccus pneumaticus yang berupa saccus interclavicularis dan saccus axillaris (Radiopoetra, 1991).

Hipotesis lain yang dapat diterima mengenai fungsi saccus adalah saccus membantu dalam proses masuk dan keluarnya udara ketika proses inspirasi dimulai. Terdapat tekanan yang serentak terhadap udara agar masuk kedalam saccus cranial dan caudal, itu berarti selama proses inspirasi udara mengalir kedalam semua saccus namun tidak semua saccus diisi udara dari luar, selama tekanan uap udara mengalir maka keluar kembali (Schmidt dan Nielsen, 1997)

Daftar Pustaka

Akoso, Budi T. 1998. Kesehatan Unggas Panduan Bagi PetugasTeknik Pengarah dan Peternak. Yogyakarta : Kanisius.

Charles, Ralph L. 1987. Introduction Animal Physiologi. First edition. McGrand Hill Book Company. London.

Duke’s, H.N. 1985. The Physiology of Domestic Animal. Comstock Publising. Co. New York. USA.

Frandson, R. D. 1992. Anatomi dan Fisiologi Ternak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Nawang, S. 1989. Zoology. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi antar UniversitasIlmu Hayat. Institut Pertanian Bogor.

Poetra, R. 1991. Zoologi. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Radiopoetra. 1991. Petunjuk Praktikum Zoologi. Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Schmidt, Knut and Nielsen. 1997. Animal Phisiologi. 5th edition. Cambrige university press, australia.

Swenson, M. J. 1993. Duke’s Physiology of Domestic Animal. Sixth Edition. Comstrood Publishing Inc. West Past Connectial Washington.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: